Kata Sambutan Kepala DKM FSKI Generasi Kaffah FK Unand

Sambutan Kepala Departemen Kemakmuran Masjid (DKM)

FSKI Generasi Kaffah 2015/2016

Fakultas Kedokteran Universitas Andalas




Assalammu’alaikum Wr. Wb

                Hanya kepada Allah kami percaya dan memohon perlindungan.

               Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Kita bersaksi  tiada Tuhan yang patut disembah, selain Allah semata. Tiada sekutu bagi-Nya. Kita juga bersaksi, Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.

Wa ba’du.

                Alhamdulillah atas segala bimbingan dan petunjuk, karunia, nikmat dan kebaikan  yang telah Allah berikan kepada kita, sehingga kita bisa sempat bergabung  dan tergabung dalam barisan panjang dakwah yang menyejarah ini. Karena sungguh, adanya kita disini oleh sebab-Nya. Maka bersyukurlah! Dia lah Allah Yang Maha Pengasih dengan kasih-Nya yang tak pilih kasih. Dia lah Allah Yang Maha Penyayang, yang sayang-Nya tak tersebut, tak berbilang.

                Shalawat dan salam atas panutan umat sepanjang zaman, Rasulullah Muhammad SAW. Yang mana mencontoh dan meneladaninya dalam seluruh aspek kehidupan merupakan wujud konkret dari ittiba’ dengan sunnah-sunnahnya. Moga kesungguhan kita untuk mengamalkan sunnah dan meniru jalan dakwahnya berbuah syafaat di hari Kiamat kelak. Aamiin

                Surga takkan pernah dapat diraih hanya dengan mengandalkan pahala dari ibadah siang malam yang kita lakukan. Karena sungguh, surga hanya dapat diraih apabila ada Ridho dan Rahmat dari-Nya. Dan salah satu cara meraih Ridho dan Rahmat-Nya itu adalah dengan melaksanakan ibadah dengan ikhlas. Tak cukup hanya ibadah dengan ikhlas untuk diri sendiri, tapi juga seru dan libatkan orang lain agar dapat beribadah dengan ikhlas juga. Karena kita adalah satu jama’ah, umat Rasul yang mulia. Kita melangkah dalam ayunan tangan dan kaki yang sama, saling ingat-mengingatkan tentang kebaikan, dan tentu cegah-mencegah dalam kemaksiatan. Apa tujuannya? Agar kelak kita bisa membuat Rasulullah tersenyum bahagia dan bangga, melihat kita, ummatnya yang senantiasa berfastabikul khairat ini.

                Tergabungnya kita disini, di FSKI ini, adalah salah satu cara kita untuk mewujudkan itu semua. Dan tentu, untuk kembali sama-sama menggalakkan gelora dan semangat dakwah Rasul dan sahabat terdahulu. Memang, kita bukanlah seperti mereka yang ketahanan imannya kokoh bagai baja, terlebih lagi kita juga bukanlah malaikat, yang sudah pasti takkan pernah durhaka dan maksiat  kepada-Nya. Tetapi adanya kita disini adalah sarana bagi kita untuk mengingatkan diri kita sendiri dengan jalan mengingatkan orang lain. Karena tentu, jika kita telah mengingatkan orang lain akan kebaikan, maka sudah pasti ada beban tanggung jawab bagi kita untuk melakukannya juga. Praktis, kita dapat pahala dari ibadah kita, plus pahala jariyah dari orang yang kita ingatkan tadi. Ibarat kata pepatah, sekali dayuh, dua tiga pulau terlampaui. Sungguh, inilah dia yang kita sebut sebagai “bisnis yang tak pernah rugi ” itu.

                Maka dari itu, mari kita manfaatkan kebaikan Allah yang Maha Baik ini dengan menjalankan segala sunnah dan tuntunan-tuntunan Rasul-Nya agar kita menjadi manusia yang baik. Yang berhak mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat. Kebaikan yang tiada terkira saat kita diwafatkan oleh malaikat dalam keadaan baik, sehingga mendapat sambutan dengan sapaan yang mulia, “Salaamun alaykum. Kamu telah menjadi orang-orang baik. Maka masuklah kedalam surga ini, sedang kamu kekal di dalamnya.” (Az-Zumar : 73)

Wallahu ‘alam

Baarakallahu li wa lakum

Assalammu’alaikum Wr. Wb

Muhammad Tohib Habib

              

                               

0 komentar: